Ineceper.Blogspot.Com

Follow My Fb

Jumat, 09 Maret 2012

GAME MAKER | TUTORIAL MEMBUAT GAME BOUNCE SEDERHANA

Tentunya diantara anda pernah memainkan sebuah game klasik yang bernama arkanoid untuk mesin arcade pada zaman dahulu, atau minimal memainkan game dxball yang biasa terinstal di PC rumahan, atau setidaknya mendengar kedua game tersebut,

Game tersebut memanglah sangat sederhana, karena muncul pada saat generasi awal game dibuat, yap ini adalah pengembangan dari game pong yang pertama kali mucul dahulu,

Game jenis ini tidak perlu pemikiran yang rumit, namun terkadang sangat mengasyikan jika dimainkan disaat waktu luang, yah tujuan dari game jenis ini adalah untuk mengupulkan score sebanyak banyaknya dengan cara menghabiskan batu bata yang tersusun di bagian atas layar dengan menggunakan bola yang terus memantul otomatis, dan tugas kita ialah dengan menggunakan palang dibagian bawah layar untuk mengarahkan posisi bola tersebut ke tempat tumpukan bata yang kita incar,

Nah pada tutorial kali ini, saya akan mencoba mengajak anda untuk membuat game sederhana ini dengan menggunakan authoring tool kesayangan kita yaitu Game Maker,

Pada dasarnya tutorial ini dibuat untuk menjelaskan step by step pembuatan game itu sendiri, jadi anda bisa menggembakan sesuai dengan kreatifitas anda tanpa ada batasan tertentu, tutorial ini hanya sebagai panduan,



1.       Buka program game maker seperti biasa





2.       Buatlah sprite baru seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, yaitu 4 sprite yang menjadi komponen utama dalam game bounce ini, yakni bola, palang, dinding, dan bata, seperti yang terlihat pada gambar, yang dilingkari merah adalah ukuran dari sprite yang saya buat, anda dapat mengikuti ukuran tersebut, atau bisa menyesuaikan dengan kreasi anda, serta pastikan seluruh sprite origin berada ditengah sehingga anda tidak kesulitan nantinya dalam penyusunan objek didalam room.

 

3.       Setelah sprite selesai dibuat, saatnya lanjut ke pembuatan objek, buatlah keempat komponen utama dalam game ini, yaitu dinding, bata, bola, dan palang, buat saja dahulu objek seperti biasanya, dan tidak usah diisi dengan event dan action terlebih dahulu.

 

4.       Dan setelah objek dibuat saatnya masuk ke objek dinding, centang pada bagian solid yang dilingkari merah seperti pada gambar dibawah ini, ini juga berlaku untuk ke 3 objek lainnya, fungsinya adalah mendakan ini objek yang nyata dan dapat berinteraksi dengan objek lainnya, lalu pada objek bata, buat event collision with dan pilih objek bola, serta di action pilih action destroy self, ini dimaksudkan ketika bola menyentuh bata, objek bata akan hancur,

 

5.       Lanjut ke langkah berikutnya, buka objek bola, dan buat event create lalu isi dengan action move fixed seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, centang applies to self yang berarti aksi ini hanya untuk objek bola itu sendiri, serta pada direction tekan ke 3 arah yang pada baris ke 3, ini berfungsi ketika game dimulai bola tersebut bergerak ketiga arah tersebut sehingga siap untuk dipantulkan oleh objek palang, isi speed dengan 5 untuk kecepatan standar.

 

6.       Masih pada objek bola, buat event collesion with objek dinding dan palang, isi action pada keduanya yakni action bounce againt seperti pada gambar dibawah ini, centang applies to self, precisely dan againt solid object, fungsi dari event  dan aksi ini adalah ketika bola menyentuh kedua objek tersebut maka, bola tersebut akan dipantulkan secara otomatis kearah yang berlawanan seperti pantulan pada umumnya.

 

7.       Berlanjut ke objek palang yang menjadi kendali kita dalam game ini, buatlah event collesion with object dinding dan sisikan dengan action jump to position, centang applies to self, lalu x dan y tetap 0, centang relative, nah fungsi dari event ini adalah ketika objek palang yang kita kendalikan bertemu dengan objek dinding, maka objek palang akan berhenti dan tidak terus keluar ke area yang tidak terpantau kamera, lalu selanjutnya buat event keyboard left dan right, pada left isikan action sama seperti event sebelumnya, namun isikan pada x ny -4, event ini berfungsi agar ketika kita menekan tombol left(kiri) pada keyboard maka objek palang tersebut akan bergerak kearah kiri yaitu kordinat -4 dari kordinat awal objek palang itu berada, lalu buat event keyboard right, dan sisikan kordinat x dengan 4, sama seperti sebelumnya ini berfungsi ketika tombol right dikeyboard ditekan maka objek akan bergerak ke arah kanan atau kordinat 4 dari tempat semula,

8.       Dan  inilah final step, atau step terakhir dari tutorial ini, buatlah sebuah room dengan ukuran sesuai keinginan anda disini saya mengambil ukuran 350 * 480 (untuk merubahnya anda bisa masuk ke tab setting dan tukar width untuk lebar, dan height untuk tinggi), lalu susun sesuai kreasi anda atau anda dapat meniru susunan seperti yang saya buat pada gambar dibawah ini.




 









Dan wala wala, anda telah berhasil membuat sebuah game anda sendiri, yap memang sederhana namun dengan kreasi lebih lanjut dari anda, bukan tidak mungkin game ini akan menjadi lebih bagus,  dan sekarang anda adalah game creator… selamat dan untuk mencoba game tersebut, tekan run dan lihat hasilnya, dibawah ini adalah hasil dari yang saya buat untuk tutorial ini..



  

Bagaimana?? Menarik bukan, membuat game itu memang tidak mudah, namun meyenangkan , diatas hanya panduan sederhana, masih panjang perjalanan anda dalam menjadi seorang game developer namun itu merupakan awal yang bagus, yang penting kita sudah memahami logika awal dari pembuatan game itu sendiri, dan satu yang lebih penting, kreatifitas anda, disanalah tolak ukur apakah game anda menjual atau tidak, selanjutnya masih banyak lagi tutorial pembuatan game dengan genre lain seperti platformer atau top down shooter, so siapkan diri anda.. dan  terus kunjungi :

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! brought to you by Ineceper , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
Description: GAME MAKER | TUTORIAL MEMBUAT GAME BOUNCE SEDERHANA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: GAME MAKER | TUTORIAL MEMBUAT GAME BOUNCE SEDERHANA

3 komentar:

  1. kak bisa g game nya di save n besoknya nglanjutin lgi dan saya mau nanyak bisa g game nya ada 2/3 stage gtu plissss ksih tau y

    BalasHapus
  2. classic banget gan jadi inget masa lalu waktu maen game kayak gitu by the way kenapa gak pake gml tapi malah pake drag n drop ??

    BalasHapus
  3. widihhh mantap bgt dachhh bisa di coba nichhh

    thank's ya

    BalasHapus

Koment Donk....
masak gak ad yg koment...
daftar akun fb dulu ya...



Daftar Isi

ine sekarang punya maskod untuk blog ini>>>>>>>>>>>ine adalah anak IT Pemangkat >>>>>>>>>sering2 mampir ya